Kamis, 05 Mei 2016

Mengenal Penyakit Diabetes

“Penyakit seumur hidup” sebutan itulah yang disematkan banyak orang terhadap penyakit diabetes, karena penyakit ini memang tidak dapat disembuhkan, sehingga yang dapat dilakukan oleh para penderita diabetes hanyalah mengontrol kadar gula di dalam tuduh mereka, agar senantiasa mendekati normal, sehingga tidak berdampak pada organ-organ tubuh yang lain.

Diabetes muncul karena sel-sel tubuh resistan terhadap insulin atau tubuh kekurangan insulin. Karena insulin merupakan pengendali kadar gula dalam darah, kurangnya insulin dapat membuat meningkatnya kadar gula darah secara drastis. Kondisi ini tidak baik bagi tubuh, karena dampaknya akan membuat sel-sel tubuh mengolah otot dan lemak menjadi energi, sehingga membuat berat badan penderita mengalami perununan secara drastis. Selain itu, saat darah terlalu asam, penderita akan mengalami dehidrasi yang membahayakan dan sistem kekebalan tubuh akan mengira sel-sel dalam pankreas dapat membahayakan tubuh sehingga menyerangnya. 

Diabetes terbagi atas dua jenis, yaitu:

Diabetes Tipe 1
Diabetes tipe ini pada umumnya menyerang mereka yang berusia di bawah 40 tahun, utamanya mereka yang masih remaja. Penderita diabetes tipe I harus menerima suntikan insulin setiap hari, karena organ pankreasnya tidak dapat memproduksi insulin sebagaimana yang dibutuhkan oleh oleh tubuh. 

Diabetes Tipe 2
Penyakit diabetes tipe ini menyerang mereka yang berusia di atas 40 tahun. Penyebabnya adalah karena terjadinya penurunan produksi insulin pada tubuh sehingga tidak dapat berfungsi dengan maksimal. Selain itu juga bisa disebabkan karena resistansi terhadap insulin atau kepekaan tubuh terhadap insulin berkurang.

Tindakan untuk Mengatasi Penyakit Diabetes
Meski tindakan penanganan untuk mengatasi kedua tipe diabetes ini secara khusus berbeda, namun tindakan secara umum terhadap keduanya sama, karena problem yang menjadi penyebab munculnya penyakit ini sama yaitu ketidakmampuan tubuh dalam hal ini organ pankreas untuk memproduksi insulin yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Untuk mengatasi diabetes, tindakan yang dilakukan adalah:

  • Mengendalikan kadar gula darah dengan cara melakukan pendeteksian sejak dini, guna mencegah komplikasi agar tidak berkembang dengan menyerang organ tubuh yang lain sehingga menimbulkan terjadinya penyakit baru yang lebih membahayakan.
  • Memantau kemungkinan munculnya penyakit-penyakit lain, karena hal ini juga berkaitan dengan upaya untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah.
  • Memulai gaya hidup sehat dengan melakukan olah raga secara teratur, menjaga berat badan dan tidak mengkonsumsi makanan secara sembarangan.
  • Mengkonsumsi obat-obatan untuk menurunkan kadar gula dalam darah.

Dengan senantiasa melakukan empat tindakan tersebut, meski penderita penyakit diabetes tidak dapat disembuhkan, namun dia akan tetap dapat menjalani kehidupan secara normal. (*)

1 komentar:

  1. Ternyata sangat berbahaya sekali bagi tubuh manusia,, Temen saya bisa di amputasi tuh anggota badannya, Orangnya bengal udah dibilangin malah ngeyel.

    http://fordigo.blogspot.com

    BalasHapus